Skip to main content
ITpengetahuan

Pentingnya IT dan Pemanfaatannya

By July 25, 2012No Comments
Kemajuan Teknologi telah berangsur-angsur menjadi yang lebih baik. Dari yang sederhana menjadi yang luar biasa canggihnya. Telah kita alami sehari-hari, pemakain Handphone atau HP juga merupakan kemajuan teknologi. Yang dahulu pada saat zaman purba belum ada teknologi tersebut, sekarang telah berangsur-angsur ditemukan oleh ahli yang bergantian, maka sampailah pada zaman sekarang ini. Tentu kita harus bersyukur karena kita tidak menjadi yang paling belakang.

Sedikit informasi bahwa Teknologi terus berkembang dengan pesat, serta mempengaruhi perubahan sosial dan budaya kita tentunya di Indonesia, tetapi bukan hanya di Indonesia saja di seluruh belahan dunia juga ikut mengalami perkembangan tersebut.
Fakta bahwa di bagian barat adalah negara-negara yang menguasai teknologi. Inilah yang membuat negara-negara tersebut menjadi negara maju dan kuat. Sehingga negara-negara maju tersebut dapat menguasai negara-negara terbelakang ataupun yang masih berkembang.

Adanya perkembangan teknologi tersebut membantu kita untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi bagi kehidupan kita. Selain itu, banyak juga dampak bagi kita sendiri baik dampak positif ataupun negatif, dan kita harus bisa memilah yang mana yang baik dan yang mana yang buruk.

Sebagai contoh kecil pemanfaatan teknologi tersebut di bidang pendidikan. Di sekolah-sekolah sekarang ini hampir seluruh memakai teknologi untuk mengajarkan siswa-siswi nya. Terutama dalam pemakaian infokus untuk mengajarkan siswa-siswi tersebut menjadi lebih kreatif dan lebih berwawasan. Dan juga penggunaan komputer agar siswa-siswi tersebut mengenal teknologi komputer dan tidak ketinggalan zaman.
Contoh lain lagi yaitu dalam perbankan. Dulu kita ingin mengambil uang harus langsung ke bank-nya melalui teller dan harus menunggu dengan waktu yang lama. Sekarang dengan perkembangan teknologi tersebut kita bisa mengambil menggunakan ATM dan tidak perlu menunggu waktu yang lama, tinggal masukkan kartu ATM lalu tinggal pilih mau berapa yang kita ingin ambil.

Tetapi teknologi tersebut juga banyak membuat dampak buruk bagi kita atau generasi-generasi muda ini. Contoh kecil dalam kehidupan sehari-hari, terkadang generasi-generasi muda sekarang ini kecanduan dalam teknologi tersebut. Seperti perkembangan Handphone yang dilengkapi dengan Short massage service atau yang disebut SMS, membuat para generasi muda sekarang ini menjadi drop untuk kemajuan hidupnya sendiri. Dan juga perkembangan internet seperti sosial browser seperti facebook dan lain-lain, juga membuat generasi muda drop karena kecanduan dan tidak mau belajar demi masa depan mereka sendiri. Masih banyak contoh-contoh lain baik positif ataupun negatifnya.

Pentingnya IT ini memang benar-benar penting, tetapi kita juga harus bisa memilah yang baik dan buruk agar kita tidak terjerumus oleh perkembangan tersebut.
Dan bagi orang tua jangan terlalu banyak memanjakan anak-anak dengan teknologi. Jika ingin memanjakan dengan teknologi orang tua harus mengatur kapan teknologi itu harus dipakai.
Semoga generasi-generasi muda sekarang ini menjadi orang-orang yang bisa mengendalikan informasi jika ingin mengendalikan dunia dan membuat negara kita menjadi negara maju.

Semoga artikel ini bermanfaat,
dan Happy Blogging.

Leave a Reply