Skip to main content
pengetahuan

baiknya mematikan lampu saat tidur.

By July 28, 2012No Comments
Dalam keseharian pada waktu tidur, kita mungkin ada yang mematikan lampu atau menghidupkan lampu. Tentu pastinya ada yang bingung yang mana yang lebih baik, mematikan lampu atau menghidupkan lampu?
Dalam postingan ini saya akan menjelaskannya sedikit. Simak baik-baik…..


Dalam kehidupan sehari-hari, manusia umumnya menyalakan lampu saat tidur karena takut gelap, sesak napas dan lain-lain. Tetapi kita tidak tahu apakah dengan menyalakan lampu saat tidur baik untuk kesehaatan atau tidak?. Walaupun itu sepele tetapi tidak baik untuk kita.

Tidur dengan menyalakan lampu dapat menyebabkan produksi Melantonin terhenti. Melantonin adalah hormon neurotropik dengan gugus antioksidan indolamina yang terletak di dalam otak yang tersusun dari asam amino triptofan. Melantonin berperan dalam proses fisiologis seperti ritme biologis, regulasi tekanan darah, onkogenesis, retina, reproduksi, ovarium, sistem kekebalan dan diferensiasi osteoblas. Orang-orang yang terbiasa menhidupkan lampu saat tidur akan lebih beresiko mengidap leukimia.

Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”. 

Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal. Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari dibanding dengan yang tidak pernah 
memakai lampu waktu tidur.
Tetapi jika anak-anak rewel akan takut kegelapan dan tidak bisa di rayu, maka para orang tua disarankan untuk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan.
Jadi, secara keseluruhan dapat disimpulkan dari mematikan lampu saat tidur adalah sebagai berikut:
Menyehatkan tubuh dan otak .

Menghemat pengeluaran listrik, islam juga menganjurkan untuk tidak mubazir.
Dan juga mematikan lampu di saat tidur adalah sunnah dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sudah banyak di lupakan orang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
Dan tolong Share dan Like artikel ini.
Happy Blogging. ^_^ 

Leave a Reply