Skip to main content

Kaum milenial saat ini sudah menggunakan Adobe Illustrator untuk pekerjaan desain grafisnya. Tapi masih ada juga yang menggunakan software lain seperti Coreldraw atau software grafis lainnya untuk kebutuhan desain nya. Tetapi saya tidak akan membahas software lain tersebut melainkan hanya untuk Adobe Illustrator.

Disini saya ingin memberikan Tips sederhana kepada pembaca ICTrends yang mana pengguna Adobe Illustrator masih banyak yang belum tahu tentang Bagaimana menyimpan file PDF agar ukuran file PDF tersebut tidak besar.

Secara default saat kita menyimpan file .Ai menjadi .PDF, file PDF hanya akan mengkonversi file tersebut dan tidak dilakukan proses kompresi, sehingga file yang kita simpan akan sama persis seperti file .Ai yang kita kerjakan.
Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan kompresi, yaitu dengan cara me-Raster semua pekerjaan kita, akan tetapi cara tersebut tidak dianjurkan karena vector yang kita kerjakan akan berubah menjadi Raster (gambar) dan tidak bisa di edit lagi (desctuctive).

Cara yang ampuh adalah dengan cara save file PDF seperti biasa. dan ganti Setting nya saat melakukan save ke .PDF.
Berikut saya sertakan caranya.

Tips

1. Buka file .Ai yang akan di ubah menjadi PDF
2. Pilih menu FILE > SAVE AS

3. Pilih Adobe PDF lalu tekan SAVE

4. Akan muncul tampilan Setting, sampai disini jangan di tekan dahulu tombol Save PDF.
Ganti preset Default ke High Quality Print.

5. Lalu hilangkan centang pada Preserve Illustrator Editing Capabilities.

Tenang langkah ini tidak akan merusak kerja kalian jika kalian ingin mengedit kembali hanya menggunakan file PDFnya. Artikel selanjutnya akan saya berikan tips untuk mengedit file PDF yg sudah ada. (soon….)

6. Setelah tekan Save PDF, abaikan peringatan yg muncul lalu tekan oke/save maka file PDF anda sudah selesai dengan ukuran yang kecil.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, dukung terus ICTrends agar terus memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi kita. 👨

3 Comments

Leave a Reply