Skip to main content

Dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat dan dibutuhkannya transfer data yg cepat pula. Ada kalanya USB 2 ataupun USB 3 akan di tinggalkan. Faktanya saat ini USB 4 sudah mulai bermunculan di dunia per-gadgetan. Apa sih perbedaan yg signifikan dari ketiga tipe USB tersebut, simak terus ya di ICTrends.net

USB 2.0 / USB 3.0

Secara teori kecepatan untuk USB 2 dan USB 3 yaitu
USB 2 : 480 Mbps ( Highspeed )
Port berwarna Putih
USB 3 : 5 Gbps ( Super Speed )
Port berwarna Biru

USB 4

Sedangkan USB 4 secara teori,
kecepatan mencapai 40 Gbps (Maximum Speed)
Port menggunakan USB-C

usb 2.0 3.0 usb 4

Untuk produsen perangkat pihak ke-3, mereka tidak perlu lagi membayar royalty apapun kepada INTEL atas lisensi pada USB4 ini, sehingga akan memungkinkan untuk di produksi masal.

Labeling pada USB 4

usb package logo

USB4 tidak melabeli dirinya dengan Nomor Versi seperti USB2, USB 3. Akan tetapi USB 4 dikemas dengan dua perbedaan kecepatan yaitu USB20Gbps dan USB40Gbps, ini akan mempermudah konsumen dalam membedakan kecepatan transfer pada USB 4 sebelum mereka membelinya.

Kelebihan USB 4

Kompatibel dengan Thunderbolt 3

Mode Alt Display Port 2.0

Mendukung USB PD (Power Delivery)

USB 4 yang kompatibel dengan Protokol Thunderbold 3 ini adalah kabar baik bagi semua orang, khususnya untuk pengguna laptop yg ingin bermain game menggunakan eksternal Graphic Card, akan tetapi fitur ini bukanlah hal yang wajib ada, tergantung oleh produsen pihak ke-3 yang memproduksinya.

Dengan Display Port2.0 resolusi 8K pada 60 Hz dengan warna HDR10 dan dapat menggunakan hingga 80 Gbps, yang merupakan dua kali lipat dari transfer data USB, karena data dikirimkan dalam satu arah (ke monitor).

Didukung dengan pengiriman daya dengan Watt yang lebih tinggi secara teori dapat mencapai 100 Watt dan managemen listik yang lebih baik.

Produk

Untuk saat ini Produk dari USB 4 secara resmi masih sangat sulit untuk ditemukan di pasaran. Akan tetapi perlahan USB 4 ini akan beredar secara cepat menggantikan USB 3 saat ini.

Semoga artikel ini bermanfaat ya guys, Terima Kasih!

Leave a Reply