Skip to main content

Bekerja secara cepat, efisien dan produktif merupakan impian banyak orang. Salah satunya pekerjaan desainer grafis yang membutuhkan banyak referensi ataupun desain yang harus dikerjakan.

Software desain grafis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya Illustrator yang dengan mudah menambahkan atau mengurangi artboard pada lembar kerja kita dikarenakan illustrator adalah software berbasis Vector.

Berbeda dengan Photoshop yang berbasis Image/Raster, sedikit rumit jika menggunakan konsep artboard layaknya Illustrator. Akan tetapi tetap bisa dilakukan cara tersebut. Dalam hal ini, saya akan membagikan cara membuat lembar kerja (artboard) lebih dari satu halaman di Adobe Photoshop.

TIPS | Cara Pertama

1. Buka Photoshop

Disini penulis menggunakan Adobe Photoshop CC 2021.

2. Pilih File > New

lalu centang pilihan artboard di samping kanan window New Document tersebut.

Sehingga akan muncul tulisan Artboard di lembar kerja kalian.

Kita bisa menambahkan artboard dengan cara Drag pada space kosong di samping lembar putih atau dengan cara klik (+) pada artboard

TIPS | Cara Kedua

Apabila kalian sudah terlanjur membuat desain tanpa mencentang pilihan Artboard di awal New Document dan tiba-tiba kalian terpikirkan untuk menggunakan artboard. Kalian tidak perlu membuat lembar kerja dari awal atau mendesain dari awal. Karena fitur artboard tersebut bisa digunakan dengan cara berikut. Akan tetapi cara ini sedikit tricky untuk digunakan.

1. Buka file Photoshop kalian

lalu Pilih Artboard Tool pada toolbar di samping kiri. Jika tidak ada, kalian bisa mengakses nya dengan shortcut SHIFT + V.

Setelah artboard tool aktif, Drag atau Block lembar kerja kalian.

Hasilnya

Lembar kerja di photoshop sudah berhasil untuk ditambahkan artboard baru. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih!

Leave a Reply