Skip to main content

Banyak cara untuk me-resize file video menjadi ukuran file yang lebih kecil. Merender ulang salah satu cara yang bisa di lakukan. Akan tetapi kita tidak akan melakukan itu di software editing seperti Adobe Premiere, After Effect, ataupun software lainnya.

1. Adobe Encoder

Adobe Encoder merupakan salah satu paket produk dari Adobe. Tidak banyak yang mengetahui fungsi dari Encoder ini. Intinya software ini akan merombak ulang (re-encode) file video kita menjadi file yang lebih besar/lebih kecil tergantung dari pengaturan yang kita terapkan.

Cara Resize Video

    1. Buka Adobe Encoder,
    2. Drag file ke window Encoder, atau buka file dengan cara FILE > Add Source
    3. Jika sudah membuka file, Klik kolom kedua dari file.
    4. Maka akan tampil window Export Setting, di window ini kita bisa mengatur hasil output yang kita inginkan.

Dari contoh di atas kita dapat melihat file yg awalnya 223 MB menjadi 69 MB. File yang sudah cukup kecil untuk video dengan durasi 2 menitan dengan resolusi yang medium.

2. Clideo.com

Selain menggunakan software, kita bisa menggunakan fitur online yang ada di website gratisan seperti Clideo.com. Kelemahan cara ini yaitu video yang bisa diproses hanya 60 detik saja

Cara Rezise Online

  1. Buka website Clideo.com
  2. Pilih Choose FileĀ pada halaman web. lalu pilih file video yang akan kamu kecilkan.
  3. Setelah muncul window pengaturan video, kamu bisa mengatur output sesuai yang kalian inginkan, misalnya untuk Instagram Feed atau yang lainnya.
  4. Setelah pengaturan selesai, lalu klik Export dan tunggu hasilnya.

Kesimpulan, software Adobe Encoder lebih bagus dan lebih fleksibel pilihan outputnya dibandingkan fitur online dari clideo.com, akan tetapi clideo.com tidak membutuhkan proses instalasi seperti Adobe Encoder. Sayangnya, kita harus berlangganan sekitar Rp 120.000 perbulan untuk menghilangkan watermark video di Clideo.com

Semoga Artikel ini bermanfaat, Terimakasih, salam ICTrends

Leave a Reply