Skip to main content

Dalam melakukan pekerjaan, kita seharusnya mencari cara agar pekerjaan tersebut lebih efisien. Baik dalam hal apapun, salah satunya manajemen file.

Terkadang kita merasa frustasi saat mengerjakan pekerjaan design menggunakan adobe illustrator yang kita tahu software editing berbasis Vector yang mana File yang di dalamnya berisi data-data vector. Sehingga semakin banyak design yang kita kerjakan di dalam 1 file tersebut akan terus semakin besar. Misalnya kita mengerjakan 50 artboard dalam 1 design. Mungkin file yang akan dihasilkan bisa 1GB, 2GB bahkan juga bisa lebih besar. Dapat kita bayangkan untuk membuka file sebesar itu membutuhkan resource yang besar pula.

Pada kesempatan ini saya sebagai Designer grafis yang biasanya mengerjakan pekerjaan seperti yang dijelaskan diatas, akan membagikan salah satu cara agar file yang di hasilkan tidak terlalu besar.

1. Konfigurasi Awal Saat melakukan ‘Save/Save as’

Cara pertama sangat simple, pastikan saat menyimpan, ‘Save’ atau ‘Save as’, uncheck bagian ‘Create PDF Compatible File’.

Cara ini akan mengurangi beberapa persen file size saat menyimpan file dibandingkan dengan Opsi tersebut aktif.

2. Melakukan Rasterize pada Image.

Cara yang kedua adalah melakukan rasterize pada file image yang ada di artboard mu. Lakukan langkah Rasterize sesuai dengan keinginanmu, semakin rendah PPI yang digunakan, maka semakin kecil pula file yang tersimpan pada file.ai, akan tetapi kualitas gambar juga akan semakin berkurang.

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak cara supaya ukuran file .ai yang kita simpan sedikit berkurang. Biasanya saya menggunakan dua cara tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk designer grafis lainnya yang menggunakan tools yang sama.

Leave a Reply