Skip to main content
Developer

#BLOG: Bagaimana Cara ku menjadi Developer Handal bersama Codepolitan dan Alibaba Cloud

By February 26, 2024No Comments

Menjadi seorang developer handal merupakan impian bagi banyak orang, apalagi sekarang kita berada di jaman yang serba canggih. Dengan membangun aplikasi yang bermanfaat dan memberikan solusi yang inovatif menjadikan kita sebagai orang yang berkontribusi banyak pada perkembangan teknologi. Untuk mencapai impian tersebut, kita bisa memanfaatkan sumber daya yang salah satunya adalah Codepolitan dan Alibaba Cloud.

Apa itu Codepolitan?

Codepolitan adalah platform belajar daring karya anak Indonesia. Platform ini menyediakan banyak sumber belajar bagi khalayak umum yang sangat tertarik dengan dunia pemrograman seperti kursus dengan video tutorial yang dijelaskan dengan sangat terperinci, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kita secara teknis.

Bagaimana langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi developer handal bersama Codepolitan?

  1. Pilih bahasa pemrograman yang kita minati. Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari sesuai dengan minat kita kedepannya untuk menjadi Backend Developer, Frontend Developer, maupun Fullstact Developer. Mulai dari bahasa Phyton, Javasript, hingga Java dan PHP.
  2. Mengikuti video tutorial secara berurutan dan teratur. Ikuti kelas dengan konsisten, sehingga memperdalam pemahaman kita tentang fundamental atau konsep dasar di dunia pemrograman.
  3. Mempraktikkan secara langsung. Pengalaman terbaik adalah mempraktikkannya secara langsung, seperti membuat project nyata untuk mengasah keterampilan yang sudah di pelajari.
  4. Stay connected di Komunitas. Mulailah untuk bergabung dan berdiskusi dengan komunitas developer di codepolitan. Kita bisa belajar dari pengalaman orang lain, serta berkolaborasi sesama developer.

Apa itu Alibaba Cloud?

Jika pernah mendegar istilah AWS dari Amazon, maka tidak asing lagi dengan Alibaba Cloud ini. Alibaba Cloud menyediakan layanan cloud untuk mendukung developer dan para pebisnis digital. Misalnya kita dapat mempunyai server komputer secara virtual. Ada banyak yang bisa kita lakukan dengan layanan Alibaba Cloud ini, selain menyediakan layanan tersebut, ada pula pelatihan dan sertifikasi yang bisa kita dapatkan. Alibaba cloud bersifat layanan berbayar yang berbasis seberapa banyak resource yang kita gunakan.

Memanfaatkan Alibaba Cloud untuk project kita.

Dengan menggunakan layanan cloud dari Alibaba, kita dapat membuat pengembangan proyek aplikasi kita secara cepat, efektif, dan efisien. Kita juga dapat mengoptimalkan kinerja aplikasi, dan meningkatkan skalabilitas resource kita saat aplikasi berjalan, maka dari itu layanan ini disebut layanan berbayar berdasarkan seberapa banyak resource yang kita gunakan.

Apa saja layanan yang diberikan oleh Alibaba Cloud?

  1. Elastic Compute Service (ECS). Layanan ini menyediakan komputasi yang skalabel dan fleksibel. Kita dapat dengan mudah menyewa komputer virtual yang sesuai dengan resource yang dibutuhkan aplikasi yang kita kembangkan, baik itu untuk pengembangan, uji coba, atau produksi.
  2. Object Storage Service (OSS). layanan ini menyediakan penyimpanan yang aman dan skalabel. Kita dapat menyimpan berbagai jenis data, termasuk file, gambar, dan video, dengan biaya yang murah serta ketersediaan yang tinggi.
  3. Pelatihan dan Sertifikasi: Alibaba Cloud menyediakan program pelatihan dan sertifikasi resmi untuk membantu Anda menguasai platform mereka. Dengan mengikuti pelatihan yang sudah disediakan dan mendapatkan sertifikasi, kita dapat membuktikan keahlian kita dan meningkatkan value kita sebagai seorang pengembang.

Menerapkan prinsip developer yang baik

Selain mengasah keterampilan teknis dan membangun proyek yang inovatif, penting juga untuk menerapkan prinsip dasar dalam pengembangan aplikasi yang baik. seperti:

  1. Kode yang bersih dan mudah dipahami (clean code). Usahakan dalam menulis program, gunakanlah code yang mudah dipahami, baik diri sendiri maupun orang lain dalam mengembangkan aplikasi secara kerja sama atau kolaborasi maupun individu. Ini akan membantu orang lain atau diri kita sendiri dalam memahami kode jika kita membukanya kembali di suatu saat.
  2. Uji Kode. Jika ingin menjadi developer handal, ujilah kode yang sudah kita buat dengan teknik pengujian seperti unit testing. Kode yang baik harus memiliki pengujian yang baik pula, sehingga dapat memastikan kode berfungsi dengan baik.
  3. Lanjutkan belajar dan berkembang. Teknologi selalu berkembang dengan cepat, kita sebaiknya mempertahankan perkembangan kita terhadap teknologi baru seperti perkembangan teknologi di dunia industri.

Dan masih banyak lagi layanan yang diberikan oleh Alibaba Cloud. Kamu bisa langsung mengecek di website resminya. https://www.alibabacloud.com/

Kesimpulan

Menjadi developer handal pasti bisa kita capai. Jangan ragu, ada banyak pengalaman yang bisa kita dapatkan di dalam Codepolitan maupun di luar platform tersebut. Pada intinya teruslah berusaha serta mempelajari hal-hal yang baru apalagi menyangkut dengan minat yang ingin kita capai. Langkah ini membutuhkan komitmen, kerja keras, dan konsistensi. Jadilah proaktif dalam mempelajari serta terbuka terhadap hal yang baru. Dengan demikian, menjadi developer handal dan sukses dalam menghadapi perkembangan teknologi terkini tidak lah mustahil.

Keyword: Codepolitan, Alibaba Cloud, Developer Handal
Penulis: @sabiqhasby

Leave a Reply